LOMBA ARTIKEL
PELAJAR TINGKAT SMA
PROVINSI
KALIMANTAN BARAT
KETENTUAN LOMBA
A. Ketentuan
Umum
KETENTUAN
LOMBA UMUM
1.
Lomba menulis
Artikel Pendidikan diikuti oleh perorangan siswa/i SMA/SMK/MA dari tiap
kabupaten atau kota di kalimantan barat.
2.
Peserta lomba
menulis artikel adalah siswa kelas X, XI, dan XII.
3.
Peserta merupakan
perseorangan (bukan tim).
4.
Artikel
merupakan hasil karya asli dari peserta bukan merupakan jiplakan, saduran,
kompilasi
maupun terjemahan dari karya sejenis.
5.
Peserta wajib
memilih salah satu dari 3 topik di bawah ini sebagai bahan menulis artikel :
a. Peran pendidikan formal terhadap budaya di era
modernisasi.
b.
Efektivitas
pendidikan formal sebagai sarana pengajaran budaya dan teknologi.
c.
Peran
pendidikan dan budaya dalam mendorong kemajuan teknologi
6. Judul artikel bebas, sesuai dengan salah satu dari
topik-topik yang ditentukan di atas.
7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu)
artikel dengan memilih salah satu topik yang
tersedia. Setiap sekolah boleh
mengirimkan maksimal 5 Peserta.
8.
Pengiriman
artikel Ke Alamat E-mail artikel_pelajar@yahoo.co.id dalam bentuk softcopy
berformat pdf.
9.
Sebelum
melakukan pengiriman artikel peserta harus membayar uang pendaftaran terlebih
dahulu sebesar Rp. 25.000 di bank BRI
dengan no rekening tujuan
10.
Konfirmasi
atas pembayaran, pengiriman e-mail atau informasi tentang lomba artikel bisa
dilakukan via sms ke Deni Kurniawan (089672442604).
Untuk konfirmasi telah
melakukan pembayaran dengan format : Nama Peserta, Tempat dan
Tanggal Lahir,
Kelas, Nama dan Alamat Sekolah, No Telp/HP Peserta, Tanggal dan Jam
pengiriman
uang pendaftaran.
Untuk konfirmasi telah
melakukan pengiriman artikel dengan format : Nama Peserta, Tempat
dan Tanggal
Lahir, Kelas, Nama dan Alamat Sekolah, No Telp Sekolah, No Telp/HP Peserta,
Alamat E-mail Sekolah dan E-mail Peserta.
11.
Peserta
wajib mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran*
12.
Setiap
peserta wajib menyerahkan foto 3x4 berwarna, hasil scanning Kartu Pelajar
masing-
masing sebanyak 1 (satu) lembar dan hasil scan tanda bukti transfer
biaya pendaftaran.
13.
Pengiriman
artikel bisa dilakukan menggunakan alamat e-mail pribadi peserta lomba atau
menggunakan alamat e-mail guru pembimbing/sekolah.
14. Satu pengiriman e-mail bisa dilakukan untuk
seluruh artikel dari sekolah bersangkutan.
15.
Setiap pengiriman
naskah artikel, dilengkapi dengan data diri penulis yang memadai, terdiri
dari: Nama Peserta, Tempat dan Tanggal Lahir, Kelas, Nama dan Alamat Sekolah, No Telp
Sekolah, No Telp/HP Peserta, Alamat E-mail Sekolah dan E-mail Peserta.
16. Batas waktu pengiriman artikel adalah dari sejak
publikasi sampai 12 april 2013.
17.
Karya yang
dikirim tidak diperkenankan sedang berpartisipasi dalam lomba sejenis, belum
pernah dimenangkan di perlombaan serupa
dan merupakan karya yang belum pernah
dipublikasikan sebelumnya.
18.
Artikel yang
dikirim melalui pos/jasa courier dan atau dikirim via faksimili, dianggap GUGUR
dan tidak akan dilakukan penilaian oleh Dewan Juri.
19. Penilaian artikel akan dilakukan oleh Dewan Juri
sebanyak tiga orang yang terdiri dari
Dosen-Dosen FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA.
20.
Setiap
karya yang terdaftar menjadi hak dan wewenang panitia.
21.
Keputusan
Dewan Juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
KETENTUAN
TAMBAHAN
1. Artikel akan diadakan uji materi/presentasi oleh
dewan juri bagi 5 nominator artikel terbaik dari seluruh artikel yang di terima.
2.
Juri akan
menentukan 5 Nominator artikel terbaik dari seluruh artikel yang di terima dan
panitia akan mengumumkan 5 nominator tersebut melalui blog PRP dan melakukan
konfirmasi kepada nominator atau sekolah dari nominator pada tanggal 25 april
2013.
3.
Untuk
nominator dari luar kota tempat uji materi/presentasi datang ke kota tempat
akan diadakan nya uji materi/presentasi pada H-1 dari waktu uji
materi/presentasi tanpa di dampingi guru pembimbing.
4.
5 nominator
tinggal di penginapan yang telah disediakan oleh panitia dari tanggal 7 mei-10
mei 2013.
5.
Penginapan
dan konsumsi 5 nominator tersebut akan ditanggung oleh pihak panitia.
6.
Uji materi
akan di adakan pada tanggal 8 mei 2013 bertempat di AULA FKIP UNIVERSITAS
TANJUNGPURA PONTIANAK.
7.
Saat
presentasi, peserta diwajibkan membawa soft file presentasi dalam bentuk Slide
Show Presentastion, dan hard copy 4 eksemplar.
8.
Peserta
memakai pakaian seragam putih abu-abu saat presentasi.
9.
Lama penampilan
satu peserta adalah 15 menit, terdiri dari 7 menit sesi presentasi dan 8 menit
sesi pertanyaan.
10.
Peserta
menampilkan slide show MS. POWER POINT saat melakukan presentasi.
11.
Kriteria
penilaian Artikel (70%) terdiri dari :
a. Kesesuaian naskah dengan tema dan topik lomba
(30%)
b.
Kedalaman
analisis, logika menulis (20%)
c.
Komunikatif
dan mudah dimengerti (20%)
Kriteria penilaian
uji materi/presentasi di tentukan oleh juri (30%)
12.
Penilaian
artikel ditentukan berdasarkan angka, dari 0 – 100 kemudian dikalikan dengan
bobot masing-masing kriteria yang sudah ditentukan.
13.
5
nominator terbaik akan mendapatkan uang tunai, piala, sertifikat, paket wisata,
dan bingkisan khas Kalimantan Barat.
a.
Juara 1 :
Uang tunai Rp 1.000.000, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas Kalimantan
Barat.
b.
Juara 2 :
Uang tunai Rp 850.00, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas
Kalimantan Barat.
c.
Juara 3 :
Uang tunai Rp 600.000, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas
Kalimantan Barat
d.
Harapan 1
: Uang tunai Rp 450.000, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas
Kalimantan Barat
e.
Harapan 2
: Uang tunai Rp 300.000, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas
Kalimantan Barat
SISTEMATIKA PENULISAN
1.
Artikel
ini yang ditulis bertemakan “Pendidikan dan Budaya di era Modernisasi”.
2.
Artikel
ditulis ketik 1,5 spasi maksimal 5 halaman kuarto (A4), di luar halaman daftar
pustaka dan biodata. Contoh: Jika artikel utamanya 5 halaman, maka halaman
berikut bisa
digunakan untuk daftar pustaka dan biodata.
3.
Font yang
digunakan dalam menulis artikel adalah Calibri ukuran 12, margin standar
(4-3-4-3). Nama file yang dikirimkan (karya artikel) menggunakan Nama si
Peserta sendiri
yang diikuti nama Kabupaten/Kota. Contoh: Dino Aresto (Sambas).
4.
Bagian
karya tulis terdiri atas :
a.
Cover yang memuat : Judul(Bahasa Indonesia
atau Inggris) maksimal 12 kata, nama penulis , logo tutwuri dan nama sekolah asal
serta tahun penulisan.
b.
Abstrak
(miniatur isi bukan pengantar isi) 40-75 kata.
c.
Pendahuluan
(tanpa subjudul)
d.
Isi (subjudul-subjudulyang
sesuai dengan pembahasan)
e.
Penutup
f.
Daftar
rujukan (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian lomba)
5. Dalam penulisan artikel, apabila mengutip suatu
pendapat atau data, si penulis harus
mencantumkan sumbernya. Atau membuat
daftar pustaka di bagian belakang naskah artikel.
6.
Bahan-bahan
penulisan artikel bisa diambil dari berbagai sumber yang relevan (suratkabar,
majalah, tabloid, buku, internet, jurnal, dll).
7.
Antara
artikel utama, daftar pustaka, dan biodata, HARUS ditulis dalam satu file,
JANGAN
terpisah dalam file berbeda.
8. Artikel diketik dalam kaidah tata Bahasa Indonesia baku dengan
tata bahasa dan ejaan yang
disempurnakan, sederhana, jelas dan mengutamakan
istilah yang mudah dimengerti. Artikel
juga tidak boleh menyinggung unsur SARA,
menjual produk, dan provokasi negatif
PELAKSANAAN
1.
Pengumpulan
Soft copy Artikel
Tanggal
: Terakhir 5 April 2013
Waktu :
17.00 WIB
Alamat
: artikel_pelajar@yahoo.co.id
2.
Pelaksanaan
Presentasi
Tanggal : 8 Mei 2013
Waktu
: 07.30-selesai
Tempat : Aula FKIP UNTAN
Komentar
Posting Komentar
welcome to PRP 2013