Langsung ke konten utama

PEMILIHAN DUTA PENDIDIKAN FKIP UNTAN


PEMILIHAN DUTA PENDIDIKAN FKIP UNTAN

Tema Kegiatan  : Wujudkan calon pendidik yang cerdas, kompeten dan berdaya saing pada
tuntutan zaman.
Tempat               : Kampus Utama FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak
Pendaftaran       : 1 April – 30 April 2013
Pelaksanaan       : Wawancara           : 3 Mei 2013
Final                      : 10 Mei 2013

A.  Tujuan
Adapun tujuan pelaksanaan Duta Pendidikan FKIP Untan adalah sebagai berikut.
1.    Menciptakan ikon mahasiswa FKIP Untan sebagai calon pendidik yang memiliki perhatian tinggi terhadap dunia pendidikan, cerdas, dan berdaya saing pada tuntutan zaman.
2.    Menciptakan duta pendidikan yang akan menyampaikan pesan-pesan pendidikan bagi minimal lingkungan terdekatnya.
3.    Meningkatkan silaturahmi antara Himpunan Mahasiswa dengan mengutus duta-duta terbaiknya untuk terpilih sebagai Duta FKIP Untan dengan semangat persaingan yang sehat dan profesional.

B.  Tindak Lanjut
Dengan terpilihnya duta pendidikan maka tindak lanjut (follow up) yang akan dilaksanakan oleh para duta adalah sebagai berikut.
1.    Duta pendidikan diberikan rekomendasi untuk bergabung dengan kementerian pendidikan BEM FKIP Untan periode 2013-2014 oleh menteri pendidikan periode 2013-2014.*
2.    Duta pendidikan diberikan hak untuk mengisi acara sebagai salah satu tamu pada kegiatan PAMB 2013*
3.    Duta pendidikan berhak diundang dalam kegiatan-kegiatan yang dihelat oleh BEM FKIP Untan.
4.    Duta pendidikan berhak untuk mengisi kegiatan-kegiatan Himpunan Mahasiswa di lingkungan FKIP Untan.*
5.    Duta pendidikan secara otomatis menjadi pengarah sekaligus penasihat untuk even duta pendidikan tahun depan.
*syarat dan ketentuan berlaku


C.  Peserta
Peserta adalah mahasiswa FKIP Untan dengan kriteria:
1.    Minimal semester 2 dan maksimal semester 4 dengan dibuktikan oleh fotokopi KTM pada saat pendaftaran.
2.    Merupakan utusan dari tiap-tiap himpunan mahasiswa. Setiap Himpunan Mahasiswa maksimal boleh mengutus 4 orang (2 putra, 2 putri) atau kurang.
3.    Tiap peserta diwajibkan membuat tulisan tentang “guru ideal di mata saya” diserahkan kepada panitia lomba paling lambat saat Technical Meeting. Tulisan dengan panjang maksimal 4 halaman minimal 2 halaman.
4.    Bersedia mengikuti aturan yang telah di tetapkan oleh panitia.
5.    Membayar biaya pendaftaran Rp 25.000,-/peserta.


Ketentuan download disini





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2016

MOSI DEBAT Babak Penyisihan 1.       Bahwa pendidikan Home Schooling dianggap lebih efektif dari pendidikan formal. 2.       Bahwa E-book meningkatkan budaya literasi di kalangan siswa 3.       Bahwa Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan jauh lebih produktif di banding Sekolah Menengah Atas. 4.       Bahwa Kekurangan sarana dan prasarana menyebabkan rendahnya prestasi siswa di bidang olahraga. 5.       Bahwa pendidikan di Indonesia menghasilkan “manusia robot”. 6.       Bahwa generasi muda terdidik hanya untuk mengikuti perkembangan bukan mengembangkan pengetahuan. 7.       Bahwa Pelajar SMA berstatus telah menikah boleh mengikuti UN 8.       Bahwa Penggunaan media sosial atau internet sebagai sumber utama bahan ajar siswa 9.       Bahwa Penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari-hari menunjukkan kurangnya rasa nasionalisme bangsa 10.   Bahwa Pendidikan seks dimasukan dalam kurikulum SD 11.   Bahwa kebebasan berekspresi di sosial media meningkatkan jiwa kreat

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2017

           MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2017 BABAK PENYISIHAN 1. Pendidikan budaya lokal sebagai upaya pertahanan jati diri bangsa dalam era globalisasi. 2. Bahwasannya acara-acara yang marak di pertelivisian merusak karakter peserta didik. 3. Bahwasannya tes saat masuk sekolah dianggap diskriminasi terhadap peserta didik. 4. Bahwasannya tingkat pendidikan berkorelasi dengan rasa nasionalisme. 5. Program wajib belajar harus di imbangi dengan penjaminan pendidikan gratis 6. Bahwasannya pendidikan agama di sekolah menengah perlu diprioritaskan. 7. Bahwasannya hasil UN dapat dijadikan tolak ukur kemampuan siswa 8. Bahwasannya kurikulum 2013 sebagai solusi atas permasalahan pendidikan Indonesia. 9. Bahwasanya siswa yang hamil di luar nikah tetap bisa melanjutkan pendidikan di sekolah. 10. Bahwasannya IPK berpengaruh pada karier seseorang. 11. Bahwasannya sistem rangking meningkatkan minat belajar. 12. Bahwasannya organisasi mahasiswa berdampak buruk pada prestasi akademik. 13. Bahw

Mosi dan Peraturan Debat

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2013 BABAK PENYISIHAN 1. Penggunaan media internet sebagai sumber utama bahan belajar bagi siswa. 2. Acara-acara yang marak di Indonesia, seperti acara gosip, sinetron, talk show, serbuan iklan, dan lain sebagainya dapat membantu masuknya globalisasi namun mematikan pribadi budaya bangsa. 3. Merokok menyebabkan kualitas anak bangsa menurun. 4. Penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari hari menunjukkan kurangnya rasa nasionalisme bangsa. 5. Terlalu berlebihan menerima pelajaran sejarah Indonesia di sekolah-sekolah dapat mengakibatkan rasa nasionalisme pada diri siswa berkurang. 6. Dewan meyakini penggunaan bahasa asing sebagai pengantar pendidikan di Sekolah Bertaraf Internasional dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dapat menghilangkan kearifan lokal. 7. Pendidikan anti korupsi di dunia kampus sebagai penggalakan zona integritas. 8. Organisasi Mahasiswa sebagai sarana utama pencerdasan politik mahasiswa. 9. Penambahan kuota pene