Langsung ke konten utama

Lomba Artikel Nasional Pekan Raya Pendidikan 2014





LOMBA MENULIS ARTIKEL NASIONAL
Tema : Pendidikan Indonesia dalam Tantangan Dunia
Sudah saatnya melihat pendidikan indonesia di mata dunia, hasil pendidikan Indonesia masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil indeks kreatifitas global, yang dapat dilihat pada http://martinprosperity.org dimana Indonesia hanya mencapai 0.04% dan jauh tertinggal dari Negara Malaysia yang berhasil mencapai 0.43%. dari angka tersebut menunjukan bahwa Negara kita 10 kali kurang kreatif dari Negara tetangga. Selain itu, ditinjau dari hasil indeks inovasi global tahun 2013, dipuplikasi pada http://www.globalinnovationindex.org Indonesia berada pada urutan 85 dari 142 negara dan kemampuan kognitif di Ranking 40 dengan Z-skor -2,03. kondisi ini diketahui dari The Learning Curve 2012 Report  www.thelearningcurve.pearson.com.
Selain itu berdasarkan hasil PISA tahun 2012 melalui http://www.oecd.org/pisa menunjukkan bahwa pendidikan Indonesia berada di urutan 64 dari 65 negara untuk bidang IPA dan Matematika, sedangkan Membaca berada pada urutan 61 dari 65 negara peserta PISA.  Hasil penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan soal bahasa indonesia, matematika dan IPA dari level 1 hingga level 6, dimana soal yang ada telah diterjemahkan sesuai dengan bahasa yang digunakan 65 negara peserta PISA 2012.

                Hampir semua pelajar Indonesia hanya menguasai pelajaran sampai level 3 saja, sementara negara lain banyak yang sampai level 4, 5, bahkan 6. Dengan keyakinan bahwa semua manusia diciptakan sama, interpretasi dari hasil ini hanya satu, yaitu: yang kita ajarkan berbeda dengan tuntutan zaman maka perlu penyesuaian kurikulum” ujar Mendibud, 4 Mei 2013.
Dari data di atas tergambarlah kondisi pendidikan di negeri ini dalam panggung dunia. Oleh karena itu dalam memperingati hari pendidikan 2 mei 2014 tahun ini Pekan Raya Pendidikan 2014 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak mengajak para kaum intelektual mahasiswa aktif baik di perguruan tinggi swasta maupun negeri yang ada di seluruh indonesia untuk memberikan gagasan kreatifnya terhadap permasalahan tersebut berupa solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas, efektivitas serta memperbaiki kondisi pendidikan negeri ini melalui lomba ArtNas 2014 (Atikel Nasional) PRP 2014 FKIP UNTAN dengan hadiah menarik buat kamu para pembaharu peradaban negeri ini. ayoo ikuti ArtNas PRP 2014 FKIP  UNTAN.  Kami tunggu Karya terbaikmu untuk negeri ini…

KETENTUAN
A. KETENTUAN UMUM
1.       Peserta merupakan mahasiswa aktif baik di perguruan tinggi swasta maupun negeri 
       se-Indonesia.
2.       Peserta merupakan perseorangan (bukan tim)
3.      Setiap peserta hanya diperkenankan mengirimkan satu karya terbaiknya yang meupakan 
       tulisan yang diangkat dari hasil penelitian baik bidang pendidikan atau hasil kajian analisis 
       kritis.
4.      Peserta wajib mendaftarkan diri dengan caramengirim pesan singkat dengan format: 
       ArtNasUNTAN_Nama_Utusan_Judulke 085248881792 dan membayar biaya  pendaftaran 
       sebesar Rp 40.000,00 dengan cara di transfer ke rekening BRI 7405-01-001618-53-6 A/n 
       Nurhasanah.
5.       Peserta wajib mengirimkan konfirmasi melalui pesan singkat (SMS) setelah melakukan 
       pembayaran uang pendaftaran ke 085248881792
6.       Peserta wajib mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran*
7.       Setiap peserta wajib menyerahkan foto 3x4 berwarna, hasil scanning Kartu Tanda Mahasiswa 
       masing-masing sebanyak 1 (satu) lembar dan hasil scan tanda bukti transfer biaya 
       pendaftaran.
8.      Artikel yang dikirimkan merupakan karya orisinil peserta bukan merupakan jiplakan, saduran, 
       kompilasi maupun terjemahan dari karya sejenis.
9.       Pengumpulan berkas via email paling lambat 20 April 2014 dalam bentuk softcopy 
        berformat pdf ke artnasprpfkipuntan2014@yahoo.com
10.   Karya yang dikirim tidak diperkenankan sedang berpartisipasi dalam lomba sejenis, belum 
       pernah dimenangkan di perlombaan serupa  dan merupakan karya yang belum pernah 
       dipublikasikan sebelumnya.
11.   Artikel yang diterima redaksi, akan direveiw oleh tim ahli dalam bidangnyauntuk menentukan 
       kelayakan muatan artikel tersebut.
12.   Setiap karya yang terdaftar menjadi hak dan wewenang panitia.
13.   Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

B. PELAKSANAAN
1.     Pengumpulan Soft copy Artikel
Tanggal       : Terakhir  20 April 2014
Waktu          : 17.00 WIB
Alamat        : artnasprpfkipuntan2014@yahoo.com

2.       Pelaksanaan Presentasi
Tanggal : 8 Mei 2014
Waktu   : 07.30-selesai
Tempat  : Aula FKIP UNTAN


C. KETENTUAN TAMBAHAN
1.       Daftar nama 5 karya terbaik akan di umumkan pada tanggal 26 April 2014 di 
       (http://prpfkipuntan.blogspot.com/) dan akan dikonfirmasi melalui SMS.
2.       5 karya yang terpilih  berhak mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan karyanya 
       di Universtas Tanjungpura Kalimantan Barat untuk memperebutkan juara 1, 2, 3 serta 
       harapan 1 dan 2.
3.       Saat presentasi, peserta diwajibkan membawa soft file presentasi dalam bentuk Slide Show 
       Presentation Microsoft Power, dan hard copy 4 eksemplar.
4.       Penginapan dan konsumsi 5 Pemenang tersebut akan ditanggung oleh pihak panitia.
5.       5 karya terbaik akan mendapatkan uang tunai, piala, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan 
       khas Kalimantan Barat.
  a.       Juara 1 : Uang tunai Rp 1.500.000, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas Kalimantan Barat.
  b.      Juara 2 : Uang tunai Rp 1.250.00, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas Kalimantan Barat.
  c.       Juara 3 : Uang tunai Rp 1.000.000, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas Kalimantan Barat
  d.      Harapan 1 :Uang tunai Rp 750.000, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas Kalimantan Barat
  e.      Harapan 2 :Uang tunai Rp 500.000, tropi, sertifikat, paket wisata, dan bingkisan khas Kalimantan Barat

*formulir dapat di unduh di (http://prpfkipuntan.blogspot.com/)

SISTEMATIKA PENULISAN

1.       Artikel ini yang ditulis bertemakan “Pendidikan Indonesia dalam Tantangan Dunia”.
2.       Naskah diketik 1,5 spasi pada kertas A4 dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf “Times New Roman 12″, dengan margin  3 kiri, 3 atas, 2 kanan dan 2 bawah.
3.       Bagian karya tulis terdiri atas :
a.         Cover yang memuat : Judul(Bahasa Indonesia atau Inggris) maksimal 12 kata, nama penulis , nama dan logo universitas asal dan tahun penulisan.
b.        Abstrak (miniatur isi bukan pengantar isi) 40-75 kata.
c.         Pendahuluan (tanpa subjudul)
d.        Isi (subjudul-subjudul yang sesuai dengan pembahasan)
e.        Penutup
f.          Daftar rujukan (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian lomba)
4.       Cara mengutip hendaknya menurut model Harvard contoh : Fulan (2012:123) menyatakan “................”, dan tidak dibenarkan mengutip secara bertetangga seperti : Fulan dalam Zaid (2010: 456) menyatakan “.................”
           5.       Diketik sepanjang minimal 1000 dan maksimal 1200 kata.
           6.       Artikel diketik dalam kaidah tata Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang 
                  disempurnakan, sederhana, jelas dan mengutamakan istilah yang mudah dimengerti. Artikel 
                  juga tidak boleh menyinggung unsur SARA, menjual produk, dan provokasi negatif
           7.      Bahasa Indonesia yang benar, Kriteria penilaian naskah: kesesuaian judul, isi, dan maksud 
                 tulisan, nilai manfaat karya tulis, dan dapat diaplikasikan.

                Unduh File Formulir DISINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2016

MOSI DEBAT Babak Penyisihan 1.       Bahwa pendidikan Home Schooling dianggap lebih efektif dari pendidikan formal. 2.       Bahwa E-book meningkatkan budaya literasi di kalangan siswa 3.       Bahwa Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan jauh lebih produktif di banding Sekolah Menengah Atas. 4.       Bahwa Kekurangan sarana dan prasarana menyebabkan rendahnya prestasi siswa di bidang olahraga. 5.       Bahwa pendidikan di Indonesia menghasilkan “manusia robot”. 6.       Bahwa generasi muda terdidik hanya untuk mengikuti perkembangan bukan mengembangkan pengetahuan. 7.       Bahwa Pelajar SMA berstatus telah menikah boleh mengikuti UN 8.       Bahwa Penggunaan media sosial atau internet sebagai sumber utama bahan ajar siswa 9.       Bahwa Penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari-hari menunjukkan kurangnya rasa nasionalisme bangsa 10.   Bahwa Pendidikan seks dimasukan dalam kurikulum SD 11.   Bahwa kebebasan berekspresi di sosial media meningkatkan jiwa kreat

Mosi dan Peraturan Debat

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2013 BABAK PENYISIHAN 1. Penggunaan media internet sebagai sumber utama bahan belajar bagi siswa. 2. Acara-acara yang marak di Indonesia, seperti acara gosip, sinetron, talk show, serbuan iklan, dan lain sebagainya dapat membantu masuknya globalisasi namun mematikan pribadi budaya bangsa. 3. Merokok menyebabkan kualitas anak bangsa menurun. 4. Penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari hari menunjukkan kurangnya rasa nasionalisme bangsa. 5. Terlalu berlebihan menerima pelajaran sejarah Indonesia di sekolah-sekolah dapat mengakibatkan rasa nasionalisme pada diri siswa berkurang. 6. Dewan meyakini penggunaan bahasa asing sebagai pengantar pendidikan di Sekolah Bertaraf Internasional dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dapat menghilangkan kearifan lokal. 7. Pendidikan anti korupsi di dunia kampus sebagai penggalakan zona integritas. 8. Organisasi Mahasiswa sebagai sarana utama pencerdasan politik mahasiswa. 9. Penambahan kuota pene

Pemilihan Duta Pendidikan 2014

                                          PEMILIHAN DUTA PENDIDIKAN 2014 Tema Kegiatan             : Wujudkan generasi penerus yang CERDAS ( Cermat, Edukatif, Religius, Displin, Amanah, Santun) Tempat                         : Kampus FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak Pendaftaran                  : 1 April- 20 April 2014 Pelaksanaan                  : TM                             : 20 April 2014   Karatina                     : 25-27 April 2014                                         Wawancara                : 3 Mei 2014                                           Final                          : 7 Mei 2014    A.     Tujuan          Adapun   tujuan pelaksanaan Duta Pendidikan FKIP Untan adalah sebagai berikut.           1.       Menciptakan ikon mahasiswa sebagai calon pendidik yang memiliki perhatian tinggi           terhadap dunia pendidikan, cerdas, dan berdaya saing pada tuntutan zaman .          2.       Menciptakan duta pendidikan yang ak