Langsung ke konten utama

LOMBA DEBAT PENDIDIKAN SE-KALBAR





Tema   : “Mengoptimalkan  paradigma mahasiswa terhadap problematika pendidikan.” 
Waktu                         :  27-28 April 2014
Tempat                        : Aula FKIP UNTAN

Pendaftaran
Waktu pendaftaran 17 Maret 2014 – 20 April 2014
Pendaftaran dapat di lakukan melalui Via Telpon atau langsung ke sekre BEM FKIP Untan
Peserta terbatas!

Pendaftaran peserta    : Rp180.000,00 / Tim
Uang Pendaftaran dapat dikirim ke Rekening an. Hernita Ristiani No.Rek  146-00-0670499-8
Sasaran                        : Mahasiswa aktif Se – KALBAR

Hadiah                    
Juara I                      : Rp 1.250.000,00 + Piagam + Tropi
Juara II                     : Rp 1.000.000,00 + Piagam + Tropi
Juara III                   : Rp 750.000,00 + Piagam + Tropi


PersyaratanPeserta
      1.      Mahasiswa se- Kalbar maksimal semester 6. 
2.       Setiap Universitas mengirimkan utusannya maksimal 2 tim (boleh utusan pribadi 
dengan syarat anggota dalam tim adalah mahasiswa di Fakultas yang sama)
      3.       Setiap tim terdiri dari 3 orang dan belum pernah menjadi juara pada pertandingan 
            sebelumnya (kecuali anggota tim pemenang bergabung dalam kelompok lain yang belum pernah menang, dan ketiga anggota tim harus terpisah secara mutlak).
      4.      Anggota tim yang telah terdaftar dalam satu tim tidak boleh menjadi anggota tim lainnya.
      5.      Peserta telah melengkapi berkas dan biaya pendaftaran, meliputi:
a.       Formulir pendafataran ( terlampir).
b.      Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) 1 lembar.
c.       Pas Foto 3x4 2 lembar
      6.      Pengumpulan berkas pendaftaran terakhir sewaktu Technical Meeting.


Ketentuan Lomba
       1.      Sistem yang digunakan adalah Semi Liga
       2.      Dalam sebuah pertandingan debat, terdiri dari 2 tim (tim pro dan tim kontra).
       3.      Sebuah tim terdiri dari 3 orang anggota.
       4.      Topik yang diperdebatkan adalah masalah-masalah pendidikan khususnya.
       5.      Bagan pertandingan di susun secara acak melalui cabut undi saat Technical Meeting.
       6.      Sebelum pertandingan dimulai, salah satu tim akan mengambil sebuah amplop 
              mosi yang akan diperdebatkan.
       7.      Pertandingan debat akan dihitung waktunya oleh seorang timekeeper (panitia).
       8.      Bagi peserta yang belum tampil hanya boleh menduduki tempat yang disediakan panitia.
       9.       Tidak diperkenankan menggunakan media elektronik (laptop, hp, tab dan sebagainya) saat mosi 
            dirilis pada Case Building dan hanya diperkenankan membawa Print Out materi ketika sebelum 
             mosi dirilis atau ketika Case Building

CP :     Hernita Ristiani (089618209649)
            Nur Elfina (089693912833)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2016

MOSI DEBAT Babak Penyisihan 1.       Bahwa pendidikan Home Schooling dianggap lebih efektif dari pendidikan formal. 2.       Bahwa E-book meningkatkan budaya literasi di kalangan siswa 3.       Bahwa Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan jauh lebih produktif di banding Sekolah Menengah Atas. 4.       Bahwa Kekurangan sarana dan prasarana menyebabkan rendahnya prestasi siswa di bidang olahraga. 5.       Bahwa pendidikan di Indonesia menghasilkan “manusia robot”. 6.       Bahwa generasi muda terdidik hanya untuk mengikuti perkembangan bukan mengembangkan pengetahuan. 7.       Bahwa Pelajar SMA berstatus telah menikah boleh mengikuti UN 8.       Bahwa Penggunaan media sosial atau internet sebagai sumber utama bahan ajar siswa 9.       Bahwa Penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari-hari menunjukkan kurangnya rasa nasionalisme bangsa 10.   Bahwa Pendidikan seks dimasukan dalam kurikulum SD 11.   Bahwa kebebasan berekspresi di sosial media meningkatkan jiwa kreat

Mosi dan Peraturan Debat

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2013 BABAK PENYISIHAN 1. Penggunaan media internet sebagai sumber utama bahan belajar bagi siswa. 2. Acara-acara yang marak di Indonesia, seperti acara gosip, sinetron, talk show, serbuan iklan, dan lain sebagainya dapat membantu masuknya globalisasi namun mematikan pribadi budaya bangsa. 3. Merokok menyebabkan kualitas anak bangsa menurun. 4. Penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari hari menunjukkan kurangnya rasa nasionalisme bangsa. 5. Terlalu berlebihan menerima pelajaran sejarah Indonesia di sekolah-sekolah dapat mengakibatkan rasa nasionalisme pada diri siswa berkurang. 6. Dewan meyakini penggunaan bahasa asing sebagai pengantar pendidikan di Sekolah Bertaraf Internasional dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dapat menghilangkan kearifan lokal. 7. Pendidikan anti korupsi di dunia kampus sebagai penggalakan zona integritas. 8. Organisasi Mahasiswa sebagai sarana utama pencerdasan politik mahasiswa. 9. Penambahan kuota pene

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2017

           MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2017 BABAK PENYISIHAN 1. Pendidikan budaya lokal sebagai upaya pertahanan jati diri bangsa dalam era globalisasi. 2. Bahwasannya acara-acara yang marak di pertelivisian merusak karakter peserta didik. 3. Bahwasannya tes saat masuk sekolah dianggap diskriminasi terhadap peserta didik. 4. Bahwasannya tingkat pendidikan berkorelasi dengan rasa nasionalisme. 5. Program wajib belajar harus di imbangi dengan penjaminan pendidikan gratis 6. Bahwasannya pendidikan agama di sekolah menengah perlu diprioritaskan. 7. Bahwasannya hasil UN dapat dijadikan tolak ukur kemampuan siswa 8. Bahwasannya kurikulum 2013 sebagai solusi atas permasalahan pendidikan Indonesia. 9. Bahwasanya siswa yang hamil di luar nikah tetap bisa melanjutkan pendidikan di sekolah. 10. Bahwasannya IPK berpengaruh pada karier seseorang. 11. Bahwasannya sistem rangking meningkatkan minat belajar. 12. Bahwasannya organisasi mahasiswa berdampak buruk pada prestasi akademik. 13. Bahw