KETENTUAN
UMUM LOMBA
1.
Lomba menulis Artikel
Pendidikan diikuti oleh perorangan siswa/i SMA/SMK/MA dari tiap
kabupaten atau
kota di Kalimantan Barat.
2.
Peserta lomba menulis
artikel adalah siswa kelas X, XI dan XII.
3.
Peserta merupakan
perseorangan (bukan tim).
4.
Artikel merupakan hasil
karya asli dari peserta bukan merupakan jiplakan, saduran, kompilasi
maupun
terjemahan dari karya sejenis.
5.
Peserta wajib memilih
salah satu dari 3 topik di bawah ini sebagai bahan menulis artikel:
a. Pentingnya pendidikan karakter dalam
menghadapi Asean Community.
b. Penggunaan teknologi dalam
meningkatkan mutu pendidikan.
c. Pentingnya mengenal budaya belajar
untuk meningkatkan minat belajar
6.
Judul artikel bebas, sesuai
dengan salah satu dari topik-topik yang
ditentukan di atas.
7.
Setiap peserta hanya
boleh mengirimkan 1 (satu) artikel dengan memilih salah satu topik yang
tersedia. Setiap sekolah tidak dibatasi dalam mengirimkan maksimal peserta.
8.
Pengiriman artikel ke
alamat e-mail artikel_pelajar2014@yahoo.co.id dalam bentuk softcopy
berformat
pdf.
9.
Sebelum melakukan
pengiriman artikel peserta harus membayar uang pendaftaran terlebih
dahulu sebesar Rp 25.000 di bank Kalbar dengan no
rekening tujuan 1029020404 A/n Fitri
Mulyani.
Konfirmasi atas
pembayaran, pengiriman e-mail atau informasi tentang lomba artikel bisa
dilakukan via sms ke Fitri Mulyani (089693560403).
Untuk konfirmasi telah
melakukan pembayaran dengan format: nama peserta, tempat dan
tanggal lahir,
kelas, nama dan alamat sekolah, no telp/hp peserta, tanggal dan jam pengiriman
uang pendaftaran.
Untuk konfirmasi telah
melakukan pengiriman artikel dengan format: nama peserta, tempat
dan tanggal
lahir, kelas, nama dan alamat sekolah, no telp sekolah, no telp/hp peserta,
alamat
e-mail sekolah dan e-mail peserta.
10. Peserta
wajib mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran*
11. Setiap
peserta wajib menyerahkan foto 3x4 berwarna, hasil scanning kartu pelajar
masing-
masing sebanyak 1 (satu) lembar dan hasil scan tanda bukti transfer
biaya pendaftaran.
12. Pengiriman
artikel bisa dilakukan menggunakan alamat e-mail pribadi peserta lomba atau
menggunakan alamat e-mail guru pembimbing/sekolah.
13. Satu
pengiriman e-mail bisa dilakukan untuk seluruh artikel dari sekolah
bersangkutan.
14. Setiap
pengiriman naskah artikel, dilengkapi dengan data diri penulis yang memadai,
terdiri dari:
nama peserta, tempat dan tanggal lahir, kelas, nama dan alamat
sekolah, no telp sekolah, no
telp/hp peserta, alamat e-mail sekolah dan e-mail
peserta.
15. Batas
waktu pengiriman artikel adalah dari sejak publikasi sampai 20 April 2014.
16. Karya
yang dikirim tidak diperkenankan sedang berpartisipasi dalam lomba sejenis,
belum
pernah dimenangkan di perlombaan serupa
dan merupakan karya yang belum pernah
dipublikasikan sebelumnya.
17. Artikel
yang dikirim melalui pos/jasa courier dan atau dikirim via faksimili, dianggap
gugur dan
tidak akan dilakukan penilaian oleh dewan juri.
18. Setiap
karya yang terdaftar menjadi hak dan wewenang panitia.
19. Keputusan
dewan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
KETENTUAN
TAMBAHAN
1.
Artikel akan diadakan uji
materi/presentasi oleh dewan juri bagi 3 nominator artikel terbaik dari
seluruh
artikel yang di terima.
2.
Juri akan menentukan 3
nominator artikel terbaik dari seluruh artikel yang di terima dan panitia
akan
mengumumkan 3 nominator tersebut melalui blog PRP
nominator atau sekolah dari nominator pada tanggal 1
Mei 2014.
3.
Untuk nominator dari
luar kota tempat uji materi/presentasi datang ke kota tempat akan
diadakan nya
uji materi/presentasi pada H-1 dari waktu uji materi/presentasi tanpa di
dampingi
guru pembimbing.
4.
Tiga nominator tinggal
di penginapan yang telah disediakan oleh panitia dari tanggal
7 – 10 Mei 2014.
5.
Penginapan dan konsumsi
3 nominator tersebut selama kegiatan akan ditanggung oleh
pihak panitia.
6.
Uji materi akan di
adakan pada tanggal 8 Mei 2014 bertempat di aula FKIP Universitas
Tanjungpura
Pontianak.
7.
Saat presentasi,
peserta diwajibkan membawa soft file presentasi dalam bentuk Slide Show
Presentastion, dan hard copy 4 eksemplar.
8.
Peserta memakai pakaian
seragam putih abu-abu saat presentasi.
9.
Lama penampilan satu
peserta adalah 15 menit, terdiri dari 7 menit sesi presentasi dan 8 menit
sesi
pertanyaan.
10.
Peserta menampilkan
slide show Ms. Power Point saat melakukan presentasi.
11.
Kriteria penilaian
Artikel (70%) terdiri dari :
a. Kesesuaian
naskah dengan tema dan topik lomba (30%)
b. Kedalaman
analisis, logika menulis (20%)
c. Komunikatif
dan mudah dimengerti (20%)
Kriteria
penilaian uji materi/presentasi di tentukan oleh juri (30%)
12.
Penilaian artikel
ditentukan berdasarkan angka, dari 0 – 100 kemudian dikalikan dengan bobot
masing-masing kriteria yang sudah ditentukan.
13.
Tiga nominator terbaik
akan mendapatkan uang tunai, piala, sertifikat, dan paket wisata.
a. Juara
1: Uang tunai, tropi, sertifikat dan paket wisata,
b. Juara
2: Uang tunai, tropi, sertifikat dan paket wisata
c. Juara
3: Uang tunai, tropi, sertifikat dan paket wisata.
SISTEMATIKA
PENULISAN
1. Artikel
ini yang ditulis bertemakan “Keselarasan antara Budaya, Pendidikan Karakter dan
Teknologi”.
2. Artikel
ditulis ketik 1,5 spasi maksimal 5 halaman kuarto (A4), di luar halaman daftar
pustaka
dan biodata. Contoh: Jika artikel utamanya 5 halaman, maka halaman
berikut bisa digunakan
untuk daftar pustaka dan biodata.
3. Font
yang digunakan dalam menulis artikel adalah Times New Roman ukuran 12, margin
standar (4-3-4-3). Nama file yang dikirimkan (karya artikel) menggunakan Nama
si Peserta sendiri yang diikuti nama Kabupaten/Kota. Contoh: Fitriana
(Sintang).
4. Bagian
karya tulis terdiri atas:
a.
Cover yang memuat : Judul
(Bahasa Indonesia atau Inggris) maksimal 12 kata,
nama penulis, logo Tut Wuri
Handayani dan nama sekolah asal serta tahun penulisan.
b.
Abstrak (miniatur isi bukan
pengantarisi) 40-75 kata..
c.
Pendahuluan (tanpa sub
judul).
d.
Isi (sub judul-sub judul
yang sesuai dengan pembahasan)
e.
Penutup
f.
Daftar rujukan (berisi
pustaka yang dirujuk dalam uraian lomba).
5.
Dalam penulisan artikel,
apabila mengutip suatu pendapat atau data, si penulis harus
mencantumkan
sumbernya. Atau membuat daftar pustaka di bagian belakang naskah artikel.
6. Bahan-bahan
penulisan artikel bisa diambil dari berbagai sumber yang relevan (surat kabar,
majalah, tabloid, buku, internet, jurnal, dll).
7. Antara
artikel utama, daftar pustaka, dan biodata, harus ditulis dalam satu file,
tidak boleh
terpisah dalam file berbeda.
8. Artikel
diketik dalam kaidah tata Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan
yang
disempurnakan, sederhana, jelas dan mengutamakan istilah yang mudah
dimengerti. Artikel juga
tidak boleh menyinggung unsur SARA, menjual produk,
dan provokasi negatif.
PELAKSANAAN
1.
Pengumpulan Soft copy
Artikel
Tanggal : Terakhir 20 April 2014.
Waktu :
17.00 WIB
Alamat :
artikel_pelajar2014@yahoo.co.id
2.
Pelaksanaan Presentasi
Tanggal : 8 Mei 2014
Waktu :
08.00 WIB s.d selesai
Tempat : Aula FKIP Untan
Contact
Person :
R. Maulidiya Astuti (089693226268)
Komentar
Posting Komentar
welcome to PRP 2013