Langsung ke konten utama

Lomba Artikel Nasional Pekan Raya Pendidikan 2015




Tema       : Kesiapan Pendidikan Indonesia untuk Berperan Aktif dalam Masyarakat Ekonomi Asean
Subtema : 
1. Pengaruh Kurikulum Nasional terhadap Pendidikan
2. Implementasi dan Sosialisasi Kurikulum Nasional untuk Memperbaiki Sistem Pendidikan
3. Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik


KETENTUAN
A. KETENTUAN UMUM
  1. Peserta merupakan mahasiswa aktif baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Indonesia.
  2. Peserta merupakan perseorangan (bukan tim)
  3. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirimkan satu karya terbaiknya yang merupakan tulisan yang diangkat dari hasil penelitian baik bidang pendidikan atau hasil kajian analisis kritis.
  4. Peserta wajib mendaftarkan diri dengan cara mengirim pesan singkat dengan format: ArtNasUNTAN_Nama_Universitas _Judul Artikel ke 085750749280 dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000,00 dengan cara transfer kebankMandiri Nomor Rekening 146-00-0695709-1 A/n Lamtiar Sihombing
  5. Peserta yang telah melakukan pembayaran  wajib konfirmasi melalui pesan singkat (SMS) ke 085750749280
  6. Peserta wajib mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran*
  7. Setiap peserta wajib menyerahkan foto 3x4 berwarna, hasil scanning Kartu Tanda Mahasiswa masing-masing sebanyak 1 (satu) lembar dan hasil scan tanda bukti transfer biaya pendaftaran.
  8. Artikel yang dikirimkan merupakan karya orisinil peserta bukan merupakan jiplakan, saduran, kompilasi maupun terjemahan dari karya sejenis.
  9. Pengumpulan berkas via email paling lambat 18 April 2015 dalam bentuk pdf dengan format nama file Artnas2015_NAMA_ASAL UNIVERSITAS­­_JUDUL ARTIKEL (3 KATA PERTAMA) dikirim ke alamat email : artnasprpfkipuntan@yahoo.com
  10. Pengiriman berkas dapat dilakukan maksimal sampai pukul 23.59 WIB.
  11. Karya yang dikirim tidak diperkenankan sedang berpartisipasi dalam lomba sejenis, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan serupa  dan merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  12. Artikel yang diterima redaksi akan direview oleh tim ahli dalam bidangnya untuk menentukan kelayakan muatan artikel tersebut.
  13. Setiap karya yang terdaftar menjadi hak dan wewenang panitia.
  14. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

B. KETENTUAN TAMBAHAN
  1. Daftar nama 10 karya terbaik akan di umumkan pada tanggal 25 April 2015 di (http://prpfkipuntan.blogspot.com/) dan akan dikonfirmasi melalui SMS.
  2. 10  karya yang terpilih  berhak mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan karyanya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universtas Tanjungpura Kalimantan Barat untuk memperebutkan juara 1, 2, 3,4, dan 5
  3. Saat presentasi peserta diwajibkan membawa soft file presentasi dalam bentuk Slide Show Presentation Microsoft Power Point dan hard copy 4 eksemplar.
  4. Penginapan dan konsumsi 10 Pemenang tersebut akan ditanggung oleh pihak panitia.
  5. Karya terbaik akan mendapatkan uang tunai, piala, sertifikat,  dan  paket wisata : 
  • Juara 1-5   : uang tunai + piala + sertifikat + paket wisata + bingkisan
  • Juara 6-10 : sertifikat + paket wisata + bingkisan

C. PELAKSANAAN

            18 April 2015                                      Pengumpulan Karya Terakhir
            25 April 2015                                      Pengumuman Karya
            8 Mei 2015                                          Presentasi 10 Karya Terbaik
            9 Mei 2015                                          Field Trip
            10 Mei 2015                                        Penutupan
  
 
SISTEMATIKA PENULISAN
  • Artikel yang ditulis bertemakan “Kesiapan Pendidikan Indonesia untuk Berperan Aktif dalam Masyarakat Ekonomi Asean”.
  • Naskah diketik 1,5 spasi pada kertas A4 dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf “Times New Roman 12″, dengan margin  3 kiri, 3 atas, 2 kanan dan 2 bawah.
  • Bagian karya tulis terdiri atas :
a.         Cover yang memuat : Judul (Bahasa Indonesia atau Inggris) maksimal 12 kata, nama penulis , nama dan logo perguruan tinggi asal dan tahun penulisan.
b.         Abstrak (miniatur isi bukan pengantar isi) 40-75 kata.
c.         Pendahuluan (tanpa subjudul)
d.         Isi (subjudul-subjudul yang sesuai dengan pembahasan)
e.         Penutup
f.          Daftar rujukan (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian lomba)
  • Cara mengutip hendaknya menurut model Harvard contoh : Fulan (2012:123) menyatakan “................”, dan tidak dibenarkan mengutip secara bertetangga seperti : Fulan dalam Zaid (2010: 456) menyatakan “.................”
  • Diketik sepanjang minimal 1000 dan maksimal 1200 kata.    
  • Artikel diketik dalam kaidah tata Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas dan mengutamakan istilah yang mudah dimengerti. Artikel tidak boleh menyinggung unsur SARA, menjual produk, dan provokasi negatif
  • Bahasa Indonesia yang benar, kriteria penilaian naskah: kesesuaian judul, isi, dan maksud tulisan, nilai manfaat karya tulis, dan dapat diaplikasikan.
      *Ketentuan dan formulir pendaftaran dapat didownload disini


Komentar

Posting Komentar

welcome to PRP 2013

Postingan populer dari blog ini

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2016

MOSI DEBAT Babak Penyisihan 1.       Bahwa pendidikan Home Schooling dianggap lebih efektif dari pendidikan formal. 2.       Bahwa E-book meningkatkan budaya literasi di kalangan siswa 3.       Bahwa Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan jauh lebih produktif di banding Sekolah Menengah Atas. 4.       Bahwa Kekurangan sarana dan prasarana menyebabkan rendahnya prestasi siswa di bidang olahraga. 5.       Bahwa pendidikan di Indonesia menghasilkan “manusia robot”. 6.       Bahwa generasi muda terdidik hanya untuk mengikuti perkembangan bukan mengembangkan pengetahuan. 7.       Bahwa Pelajar SMA berstatus telah menikah boleh mengikuti UN 8.       Bahwa Penggunaan media sosial atau internet sebagai sumber utama bahan ajar siswa 9.       Bahwa Penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari-hari menunjukkan kurangnya rasa nasionalisme bangsa 10.   Bahwa Pendidikan seks dimasukan dalam kurikulum SD 11.   Bahwa kebebasan berekspresi di sosial media meningkatkan jiwa kreat

Mosi dan Peraturan Debat

MOSI DEBAT PENDIDIKAN 2013 BABAK PENYISIHAN 1. Penggunaan media internet sebagai sumber utama bahan belajar bagi siswa. 2. Acara-acara yang marak di Indonesia, seperti acara gosip, sinetron, talk show, serbuan iklan, dan lain sebagainya dapat membantu masuknya globalisasi namun mematikan pribadi budaya bangsa. 3. Merokok menyebabkan kualitas anak bangsa menurun. 4. Penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari hari menunjukkan kurangnya rasa nasionalisme bangsa. 5. Terlalu berlebihan menerima pelajaran sejarah Indonesia di sekolah-sekolah dapat mengakibatkan rasa nasionalisme pada diri siswa berkurang. 6. Dewan meyakini penggunaan bahasa asing sebagai pengantar pendidikan di Sekolah Bertaraf Internasional dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dapat menghilangkan kearifan lokal. 7. Pendidikan anti korupsi di dunia kampus sebagai penggalakan zona integritas. 8. Organisasi Mahasiswa sebagai sarana utama pencerdasan politik mahasiswa. 9. Penambahan kuota pene

Pemilihan Duta Pendidikan 2014

                                          PEMILIHAN DUTA PENDIDIKAN 2014 Tema Kegiatan             : Wujudkan generasi penerus yang CERDAS ( Cermat, Edukatif, Religius, Displin, Amanah, Santun) Tempat                         : Kampus FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak Pendaftaran                  : 1 April- 20 April 2014 Pelaksanaan                  : TM                             : 20 April 2014   Karatina                     : 25-27 April 2014                                         Wawancara                : 3 Mei 2014                                           Final                          : 7 Mei 2014    A.     Tujuan          Adapun   tujuan pelaksanaan Duta Pendidikan FKIP Untan adalah sebagai berikut.           1.       Menciptakan ikon mahasiswa sebagai calon pendidik yang memiliki perhatian tinggi           terhadap dunia pendidikan, cerdas, dan berdaya saing pada tuntutan zaman .          2.       Menciptakan duta pendidikan yang ak